Tips Agar Bisa Hemat Token Listrik

Token listrik merupakan salah satu metode listrik prabayar saat ini.jika dulu Anda harus membayar tagihan PLN setiap bulan maka kini jika listrik sudah habis atau diwajibkan mengisi pulsa listrik. Cara ini terbilang lebih mudah dan juga efisien karena anda bisa mengisi pulsa di mana saja. Nantinya anda akan mendapatkan kode yang harus diisikan ke meteran agar pulsa listrik bertambah secara otomatis.  Nah biaya listrik untuk tetap jadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Agar bisa menghemat biaya anda tentu harus melakukan cara agar biaya token tidak membengkak. Apa saja yang bisa dilakukan untuk menghemat beli token listrik?

  • Segera Matikan Alat Elektronik Jika Tidak Digunakan

Cara paling efisien yaitu dengan mematikan seluruh alat elektronik ketika sedang tidak digunakan. karena sudah terbukti ketika alat listrik dibiarkan menyala seperti misalnya alat pemasak nasi yang terus aktif setiap hari atau kulkas dan lampu membuat listrik jadi semakin boros. Anda juga bisa menempelkan stiker jam penggunaan alat-alat listrik di stop kontak, agar mudah diingat oleh anda atau anggota keluarga lain di rumah. Karena yang paling berpotensi membuat pulsa listrik cepat habis adalah alat elektronik seperti televisi. Maka dari itu, jangan biarkan televisi hidup seharian di rumah anda. Kini beli token listrik 24 jam bisa anda lakukan di mana saja baik secara online maupun offline.

  • Gunakan Lampu LED

Menghemat token listrik bisa juga dilakukan dengan beralih ke lampu LED. Lampu model ini memang harganya cukup mahal tapi mampu menghemat energi listrik. Seperti misalnya lampu bohlam biasa yang punya daya 60 watt ternyata tingkat kecerahan yang sama dengan LED 7 watt. Apalagi lampu LED juga dikenal cukup awet dari bohlam biasa. Jadi meski Anda harus mengeluarkan modal yang lebih mahal di awal tapi listrik tetap hemat lebih lama. Untuk para pemula yang menggunakan pulsa listrik cara isi token listrik juga sangat mudah.

  • Kurangi Penggunaan Peralatan Listrik Berdaya Besar

Untuk meminimalisir pembelian pulsa listrik yang terlalu sering, Anda bisa melakukan pengurangan penggunaan alat listrik yang punya daya besar. Misalnya saja untuk alat penanak nasi dan juga setrikaan. Misalnya saja Anda harus mengurangi pengaturan panas pada setrikaan karena tentu membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Anda bisa meminimalisirnya juga dengan membeli setrikaan otomatis yang jika digunakan dalam suhu tinggi setrikaan akan langsung mati.

  • Tidak Menggunakan Pengering Saat Cuaca Panas

Di setiap rumah tangga tentu ada yang namanya mesin cuci. Tidak hanya untuk mencuci digunakan untuk membilas dan juga mengeringkan pakaian. Anda bisa menghemat pulsa listrik dengan tidak menggunakan pengering dan memanfaatkan matahari untuk menjemur pakaian. Ternyata pemakaian pengering yang berlebihan dapat menghabiskan pulsa listrik lebih banyak.

  • Gunakan Alat Penghemat Listrik

Jika cara diatas sudah anda lakukan namun listrik tetap tidak hemat bisa melakukan alternatif lain. Memanfaatkan alat penghemat listrik token, cukup mudah anda temukan karena sudah banyak yang menjualnya. Fungsi dari alat penghemat token ini yaitu dapat membuat arus perangkat elektronik lebih stabil sehingga bisa menghemat tarikan listrik dari awal. Anda juga harus memastikan bahwa mendapatkan alat penghemat listrik yang original sehingga penghematan daya listrik bisa dilakukan secara maksimal.

Demikian beberapa tips dalam penghematan token listrik yang bisa anda lakukan. Untuk pembelian kuota listrik dengan mudah, Anda bisa melakukannya di Blibli. selain caranya muda blibli juga sering menawarkan promo yang bisa membuat anda lebih hemat pembelian kuota listrik.