Pentingnya Struktur Organisasi Mayora

Setiap perusahaan yang berdiri, sudah pasti punya struktur organisasi. Tanpa adanya organisasi yang tersusun dengan baik, maka perusahaan tidak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Karenanya, peran organisasi terbilang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Hal ini tidak terkecuali untuk perusahaan Mayora.

Ada struktur organisasi Mayora yang berlaku selama perjalanan karirnya. Struktur organisasi ini menjadi acuan untuk keteraturan berjalannya produksi perusahaan Mayora. Struktur ini menjadi hal yang sangat penting perannya di perusahaan Mayora. Lantas apa sih pentingnya Struktur organisasi itu?

Alasan Pentingnya Struktur Organisasi Mayora

Memang di atas telah dijelaskan secara sekilas terkait pentingnya peran struktur organisasi. Namun secara umum masih ada beberapa alasan penting yang perlu Anda tahu. Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah seperti:

1. Pemegang Tanggung Jawab

 

Setiap orang yang terlibat dalam struktur organisasi, tentu punya tanggung jawab masing-masing. Tanpa adanya tanggung jawab, maka tatanan perusahaan bisa berantakan. Orang-orang yang terlibat dalam tanggung jawab ini juga seharusnya merupakan orang-orang yang bisa dipercaya dan punya kualitas diri yang bagus.

 

2. Mengatur Strategi Pemasaran

 

Dalam organisasi juga pasti ada orang yang punya andil atau tugas untuk memperbaiki strategi pemasaran. Strategi pemasaran sendiri ini merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan seperti Mayora. Tanpa strategi yang baik, maka Mayora tidak akan bisa berdiri hingga kini dan tidak akan bisa bersaing dengan perusahaan lain.

 

3. Mengatur Kerjasama Yang Baik

 

Sudah seharusnya dalam sebuah perusahaan harus ada kerjasama yang baik. Kerjasama bisa disepadankan dengan kekompakan. Tanpa adanya kerjasama yang baik, perusahaan tidak akan bisa menjalankan segala proses pengolahan produknya sesuai dengan harapan.

 

Dalam hal ini, semua orang yang ada dalam struktur organisasi dari atas hingga bawah harus punya kerjasama yang baik satu sama lain.

 

4. Membatasi Tugas Dan Tanggung Jawab

 

Memang semua orang yang ada dalam perusahaan punya tanggung jawab masing-masing. Namun tanpa adanya batasan tanggung jawab tersebut, maka satu orang dengan orang lainnya akan saling berebut andil dalam melakukan tugasnya. Hal ini tentu akan memicu kerusuhan bahkan perang dingin diantara mereka.

 

Karenanya, adanya struktur yang sesuai dalam organisasi perusahaan ini sangatlah penting untuk disusun. Setiap pemegang jabatan dalam organisasi bisa lebih fokus bekerja sesuai dengan bidang dan divisinya masing-masing.

 

5. Membentuk Circle Belajar

 

Dalam perusahaan, ternyata semua orang masih harus saling belajar. Namun bentuk pembelajarannya lebih kepada mengembangkan skill untuk bidang yang dipegangnya. Dari situ, semua orang yang terlibat dalam perusahaan bisa saling belajar dan meningkatkan kemampuannya.

 

6. Bentuk Keresmian Perusahaan

 

Adanya organisasi dalam sebuah perusahaan bisa memperlihatkan bahwa perusahaan tersebut memang merupakan usaha resmi yang legal. Organisasi adalah bentuk keseriusan pihak-pihak terkait dalam mengurus perusahaan yang menghasilkan keuntungan, baik itu bagi produsen maupun konsumen.

 

7. Mengelompokkan Pihak Terkait

 

Dalam sebuah organisasi perusahaan tentu sudah ada pihak-pihak yang terlibat dan punya andil penting di dalamnya. Agar pihak tersebut dapat dengan mudah mengerjakan tugasnya, maka semuanya dibedakan atau dikelompokkan dengan aturan dan kesesuaian.

Selama ini, Mayora memiliki struktur organisasi yang tersusun dengan baik. Dengan penyusunan yang sesuai, maka kinerja perusahaan Mayora dalam menjalankan perusahaan juga jadi bagus. Kini Anda bisa lihat sendiri kemajuan Mayora dalam mengelola berbagai produk pengolahan makanan dan minuman. Semakin baik penyusunan organisasi didalamnya, semakin baik pula proses kualitas perusahaan.