Jenis Makanan Yang Menyebabkan Jerawat Dan Wajib Anda Hindari Konsumsinya!

 

Pemicu munculnya jerawat salah satunya adalah dari konsumsi makanan. Karena memang ada beberapa jenis makanan yang ketika dikonsumsi bahkan dalam batas wajar, tetap membuat munculnya jerawat semakin banyak. Terlebih bagi kamu yang memang memiliki wajah tipe mudah jerawatan, sangat penting pilih-pilih dalam konsumsi makanan. Berikut beberapa jenis makanan yang menyebabkan jerawat dan wajib kamu hindari.

1. Makanan Tinggi Gula

Penyebab jerawat salah satunya adalah dari makanan yang kamu konsumsi dengan kandungan gula dan karbohidrat tinggi. Mulai dari nasi, minuman kemasan dan soda, sereal instan, permen, pasta dan juga mie yang dibuat dari tepung terigu.

Jenis-jenis makanan seperti ini memiliki kandungan glikemik yang tinggi dan membuat tubuh lebih banyak memproduksi insulin serta peningkatan kadar gula darah yang cepat. Secara otomatis, tubuh akan memproduksi minyak kulit yang lebih banyak sehingga minyak berlebih bisa memicu jerawatan.

2. Makanan Cepat Saji

Makanan yang menyebabkan jerawat berikutnya adalah makanan cepat saji. Jenis makanan seperti ini dimasak dengan kandungan gula, garam dan olahan susu yang tinggi. Banyak makanan cepat saji yang juga punya kandungan minyak tinggi sehingga bisa menimbulkan kandungan lemak dan sebum yang tinggi. Resiko jerawatan lebih tinggi pada orang yang mengkonsumsi makanan cepat saji ini.

3. Susu Olahan

Susu memang baik untuk kesehatan namun produk minuman ini ternyata bisa menjadi salah satu penyebab jerawat. Pasalnya susu lebih memungkinkan memicu peningkatan hormon insulin yang bisa menyebabkan jerawat. Sebaiknya mulai sekarang kamu hindari produk olahan susu seperti yoghurt, es krim dan juga susu rendah lemak karena punya kandungan gula yang tinggi. Produk olahan susu yang anda konsumsi dengan makanan manis, juga bisa membuat hormon insulin semakin meningkat yang membuat peningkatan produksi pada sebum.

4. Cokelat

Makanan manis kesukaan orang dewasa dan anak-anak ini juga punya pengaruh untuk menyebabkan timbulnya jerawat. Makanan yang menyebabkan jerawat berikutnya adalah coklat karena pada jenis makanan ini terdapat pelepasan protein interleukin yang bila berinteraksi dengan bakteri propionibacterium acnes meningkatkan risiko jerawat lebih tinggi.

Anda tetap bisa konsumsi coklat namun harus pilih coklat dengan gula yang rendah. Coklat yang memiliki gula rendah adalah coklat hitam. Sebaiknya jangan campur coklat dengan makanan manis lainnya karena tetap saja akan tingkatkan resiko jerawatan.

Itu tadi beberapa jenis makanan yang menyebabkan jerawat dan wajib Anda hindari jika tidak ingin semakin banyak jerawat muncul di wajah. Selain faktor makanan, penyebab jerawat juga terjadi karena pola hidup yang tidak sehat dan penggunaan SkinCare yang tidak tepat dengan jenis kulit. Maka dari itu tetap perhatikan berbagai faktor yang bisa memicu timbulnya jerawat.