Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Serat Harian?

Serat tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh, agar menyehatkan dan juga membuat anda terhindar dari berbagai penyakit. Apalagi konsumsi serat sangat baik untuk membuat pencernaan anda lebih lancar. Lalu bagaimana cara memenuhi kebutuhan serat harian?

Setiap orang tentu harus mencukupi kebutuhan serat hariannya. Caranya tentu saja dengan mengkonsumsi makanan yang punya kandungan serat tinggi. Lalu apa saja makanan dengan serat tinggi yang bisa aman dikonsumsi?

1. Alpukat

Cara memenuhi kebutuhan serat harian yang pertama yaitu dengan konsumsi alpukat. Perlu diketahui, bahwa dalam 2 sendok makan alpukat punya kandungan 2 gram serat sedangkan untuk 1 buah alpukat terdapat 10 gram serat.

Alpukat juga sangat baik untuk mengurangi kolesterol sehingga banyak dipilih untuk orang yang sedang diet. Alpukat menjadi sumber lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh.

2. Kacang-kacangan

Cara memenuhi kebutuhan serat harian yang kedua, Anda bisa pilih kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan yang baik untuk tubuh agar serat terpenuhi adalah kacang hitam, kacang putih dan kacang merah. Dalam kacang-kacangan terdapat pula sumber protein dan juga zat besi. Bahkan pada kacang hitam terdapat kandungan antioksidan yang bisa menangkal berbagai virus agar tidak masuk ke tubuh.

3. Jagung

Jagung merupakan jenis makanan yang bisa menjadi pengganti nasi. Selain itu, jagung ternyata punya serat yang tinggi. Untuk konsumsi jagung bisa dibuat dalam berbagai olahan. Mulai dari dicampurkan ke dalam sayuran atau dikonsumsi dengan direbus. Atau juga dengan membuat jagung dalam bentuk popcorn.

4. Tomat

Tomat merupakan buah-buahan dan juga bumbu dapur dengan serat yang tinggi. Dalam 1 buah tomat terdapat 1,2 gram kandungan serat. Tomat bisa anda konsumsi secara langsung dan juga berbagai cara lainnya yang terbilang seru. Dalam tomat terdapat juga kandungan likopen untuk menghindari prostat bagi para pria.

5. Brokoli

Apakah anda salah satu orang yang suka makan sayuran brokoli? Ternyata brokoli ini tidak hanya enak tapi juga kaya serat. Dalam 1 buah brokoli terdapat 5,1 gram serat. Brokoli ini juga sangat enak dikonsumsi dalam bentuk apa saja mulai dari direbus, dikukus, dimasak jadi sayur atau dimakan secara langsung.

Itu tadi beberapa cara memenuhi kebutuhan serat harian yang bisa anda lakukan dengan konsumsi makanan tinggi serat. Jangan lupa, setelah konsumsi makanan dengan serat yang tinggi diimbangi pula dengan minum air mineral yang cukup setiap harinya.