Ternyata Inilah Pentingnya Melakukan Vaksinasi Covid-19

 

 

 

 

Di Indonesia penyebaran penyakit Covid-19 ini sudah mulai bisa dikendalikan. Meskipun juga tak dapat dipungkiri jika sampai sekarang masih banyak orang yang terserang gangguan kesehatan tersebut, bahkan tak jarang diantaranya yang cukup parah hingga menyebabkan kematian. Bahkan di beberapa negara gelombang pandemi Corona ini sudah menyebabkan jutaan orang meninggal dunia, sampai pemerintah juga kelimpungan untuk menemukan lahan pemakaman bagi mereka yang meninggal disebabkan oleh penyakit tersebut.

 

Penyakit Covid-19 ini memang bukan sesuatu yang dapat diremehkan, dimana virus yang satu ini menyerang organ tubuh yang sangat penting yaitu paru-paru yang fungsinya adalah untuk menghirup oksigen, ketika tubuh kekurangan oksigen secara otomatis tentu akan mempengaruhi kinerja dari organ-organ lain yang ada didalamnya, mengakibatkan kondisi yang cukup fatal yaitu gagal napas bahkan juga kematian. Salah satu tindakan yang dilakukan oleh pemerintah untuk menekan angka penularan dan agar nantinya negara ini bisa terbebas dari pandemi ini adalah dengan melakukan vaksinasi Covid-19.

 

Tindakan vaksinasi ini sudah mulai dilakukan pada awal tahun 2021 ini dan sampai sekarang sudah mulai berjalan. Umumnya pemerintah sendiri sudah menyediakan vaksinasi secara gratis, hanya saja antriannya atau jadwal tunggu juga sangat lama. Sehingga tak heran jika seandainya banyak yang memilih melakukan vaksinasi mandiri. Ada banyak alasan penting mengapa hendaknya melakukan vaksinasi ini, diantaranya adalah:

 

  1. Melindungi dari infeksi virus Corona, dengan dilakukan vaksinasi nantinya tubuh akan memiliki antibodi atau kekebalan alami yang digunakan untuk melindungi dari infeksi penyakit tersebut. Hal ini tentunya sangat bagus sehingga nantinya Anda tidak akan sampai terserang penyakit yang mudah menular tersebut.
  2. Mencegah resiko komplikasi parah jika seandainya terserang, meskipun sudah dilakukan vaksinasi namun pada kenyataannya hal tersebut tidak mampu untuk melindungi 100 persen dari resiko terserang Covid-19, masih ada kemungkinan untuk terjangkit penyakit tersebut. Hanya saja setelah dilakukan vaksinasi bisa mencegah resiko komplikasi yang parah disebabkan olehnya. Mengingat penyakit yang satu ini rentan sekali sebabkan komplikasi.
  3. Menurunkan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit tersebut, mengacu pada poin kedua dimana memang penyakit yang satu ini bisa dengan mudah menyebabkan terjadinya komplikasi yang berbahaya bagi tubuh. Tentunya hal tersebut bisa berdampak pada kematian bukan. Namun jika telah dilakukan vaksinasi sebelumnya, tentu membantu untuk menurunkan angka kematian karenanya.
  4. Mengurangi angka penurunan penyebaran Covid-19, bukan sebuah rahasia lagi dimana penyakit yang satu ini hingga sekarang ini menjadi sebuah pandemi karena memang penyebarannya yang berlangsung secara cepat dan sifatnya masif. Adanya vaksinasi dimaksudkan untuk membuat angka penyebarannya ditekan menjadi lebih rendah.

 

Bahkan secara lebih luas lagi vaksinasi Covid-19 ini juga dimaksudkan untuk menstabilkan kembali kondisi ekonomi negara ini. Memang selama pandemi ini berlangsung lebih dari satu tahun belakangan banyak yang mulai merasakan kesulitan ekonomi, perusahaan-perusahaan besar yang mengalami kebangkrutan, ditambah lagi dengan jutaan orang yang kehilangan pekerjaan mereka, sehingga membuat kondisi ekonomi juga kian memburuk.

 

Jika terlalu lama bagi Anda untuk menerima vaksinasi gratis yang berasal dari pemerintah, maka tak perlu khawatir karena dapat melakukan vaksinasi secara mandiri, layanan semacam ini sudah banyak ditawarkan oleh rumah sakit maupun klinik-klinik di Indonesia. Bahkan Anda dapat memesan layanan vaksinasi tersebut lewat aplikasi Aido untuk lebih mudahnya. Jangan tunggu nanti karena kesehatan mahal harganya.