Sejak Hadir pada Agustus 2020 pada saat itu, platform digital pengadaan barang dan jasa pemerintah ini atau yang biasa disebut dengan PaDi UMKM bertujuan untuk membantu para pelaku usaha UMKM agar lebih sejahtera dan mendapatkan pasar yang pasti dari BUMN. Semenjak lahirnya platform digital jual barang dan jasa pemerintah ini, UMKM begitu sangat antusias untuk mencoba dan memahami fitur dalam platform ini yang nantinya akan membantu mereka untuk GO Digital.

Ketika bergabung dengan platform digital jual barang dan jasa BUMN ini, beberapa dari para penjual mungkin masih belum paham apa saja yang harus dilakukan saat menghadapi kendala ketika mengakses platform digital beli barang dan jasa pemerintah ini. Alternatif selain menghubungi Customer Service yang tersedia, mungkin bagi para penjual bisa mencoba beberapa solusi berikut ini.

Dikutip dari website resmi di padiumkm.id, Saat pesanan masuk ke akun penjual, pasti sangat senang namun bagaimana ketika pesanan tersebut jika ingin ditolak maupun disetujui, pertama Login akun penjual dengan password dan email yang terdaftar, Klik menu pesanan, Klik sub menu “ Disetujui “, Klik tombol “ lihat “, Pada bagian atas di sediakan tombol “ proses pesanan “ atau “ Tolak”, Jika di tolak pesanan akan terbatalkan, jika di terima penjual harus mengirimkan produk sesuai dengan waktu komitment barang di terima yang di tentukan oleh pembeli.

Namun ketika produk yang dikirimkan tidak sesuai pesanan maka, Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengembalian barang, maka Pengguna, baik UMKM maupun Pembeli, diwajibkan untuk melakukan pengiriman barang langsung ke masing-masing Pembeli maupun UMKM. PaDi UMKM tidak menerima pengembalian atau pengiriman barang atas transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dalam kondisi apapun. Begitupun dengan proses pengembalian dana dapat di proses di luar system PaDi UMKM.

Ketika pesanan telah berhasil terjual, untuk durasi dan waktu yang ditentukan kapan dana masuk ke akun penjual yaitu setelah pembeli menerima barang dan melakukan pembayaran maka tim terkait Kami akan memverifikasi pembayaran selama 3 hari kerja jika telah di verifikasi maka pembayaran akan di lakukan ke rekening penjual yang terdaftar. Pentingnya konfirmasi pesanan yang lebih cepat dan tepat waktu tentu akan menguntungkan berbagai pihak terutama pelaku usaha UMKM sebagai penjual.

UMKM sudah banyak bermunculan di Indonesia dari mulai wirausaha dengan level kecil, menengah hingga besar. Meskipun pandemi memukul semua sektor terutama sepanjang 2020 ini, tetapi harapan terbesar KBUMN adalah menjadikan Pasar Digital menjadi solusi dan dapat membantu mereka tetap semangat berdagang secara online maupun offline.

Tidak memandang umur, para wirausaha sekarang sudah dicoba dari mereka yang berumur muda dan berprestasi, dengan mendukung go digital dan bangga berbelanja buatan Indonesia sudah sangat membantu perekonomian negara dan memajukan kesejahteraan indonesia.