Mahasiswa Ipb Rancang Baju Renang Syar’I

Sumber Foto : Swim Dream

Perempuan muslimah, tak perlu resah lagi bila ingin melakukan kegiatan di dalam air seperti berenang. Sebab telah ada pakaian renang yang syar’i alias menutupi lekuk tubuh perempuan.

Pakaian renang ini terdiri dari gamis, legging dan jilbab. Namun tidak seperti gamis dan jilbab pada umumnya. Model gamisnya bisa ditransformasi menjadi celana dan jilbabnya tetap menutupi dada saat berenang.

Pada bagian bawah depan belakang terdapat resleting yang berguna agar gamis tersebut bisa dijadikan celana. Sementara pada bagian jilbab memiliki tali di sebelah kanan kirinya yang berguna mengikat jilbab agar tidak menutupi wajah saat berenang.

Adalah Muhammaf Hafiz Ambiya, Elfiana Nur Fitriani, Ratna Sholatia, Siti Nurjanah, serta Nasikhudin, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang merancang pakaian renang ini. Kelimanya menamakannya dengan “Swim Dream: Gamis Renang Transformasi Rok Celana sebagai Solusi Cerdas Baju Renang Syar’i”.

Ratna Nurjanah, salah satu anggota tim menjelaskan, mereka merancang Swim Dream bermula dari keluh kesah mahasiswi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB yang sering melakukan kegiatan di air. Mereka merasa kesusahan untuk tetap menjaga aurat selama melakukan kegiatan.

“Sementara baju renang yang tersedia saat ini belum memenuhi syariat Islam. Artinya kebanyakan masih menggunakan celana yang biasanya tampak ketat dan membentuk lekuk tubuh,” kata Ratna kepada KabarKampus.

Bedanya dengan baju renang pada umumnya kata Ratna adalah dapat digunakan sejak berangkat dari rumah. Sehingga tidak perlu ganti baju lagi saat di kolam renang.

“Singkatnya satu baju bisa dalam dua model. Bisa gamis bisa celana,” terang Ratna.

Ratna menjelaskan, berenang menggunakan Swim Dream sebenarnya hampir sama rasanya dengan baju renang lain. Bedanya, ketika di atas air (di darat), penggunanya akan merasa lebih nyaman, karena bisa mengubahnya menjadi gamis.

“Saya sendiri ketika memakainya di atas air merasa lebih sopan dan lebih pede. Berdasarkan testimoni konsumen alhamdulillah juga nyaman,” ungkap mahasiwi Fakultas Pertenakan IPB angkatan 2015 ini.

Saat ini Swim Dream hadir untuk dewasa dan anak-anak dengan warna biru dan ungu. Mereka membandrol harga untuk dewasa 285 Ribu Rupiah dan 255 Ribu Rupiah untuk anak-anak.

Ratna mengaku saat ini belum bisa memproduksi Swim Dream lebih banyak, karena keterbatasan modal. Namun ia berharap rancangan produk yang didanai Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) tersebut bisa lolos dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2018. Sehingga Swim Dream lebih dikenal banyak orang, khususnya instansi yang membutuhkan pakaian renang, seperti mahasiswa FPIK di seluruh Indonesia, sekolah islam, dan keluarga yang senang berekreasi di air.

“Ke depan kami berencana membuat warna yang lebih bervariasi lagi. Tapi tidak dengan banyak motif,” ungkap Ratna.

Nah bagai kamu yang tertarik untuk memiliki Swim Dream, kamu melihatnya di akun Instagram: @swimdream_adc, Line : @aeg0211d, dan Facebook : swimdream_id.[]