Ide Desain Mahar pernikahan

Dahulu mahar pernikahan selalu identik dengan uang, tetapi kini mahar bisa berupa barang berharga lainnya. Bentuk mahar yang diberikan bervariasi, tidak monoton dan dibuat seindah mungkin.

Apa Saja Desain Mahar Pernikahan?

1. Kolase

Ide mahar yang satu ini banyak dipilih karena mudah dibuat. Anda dapat menggunakan sejumlah uang yang ditempelkan pada bidang atau papan dengan bentuk yang Anda inginkan. Hiasan bunga tiruan sebagai pemanis kemudian bisa dipasang bingkai agar lebih rapi.

2. Bingkai Buket

Tak hanya pelaminan yang identik dengan dekorasi buket. Jika mahar yang digunakan berupa uang kertas, maka dapat dijadikan karangan bunga dengan cara membentuknya menjadi rangkaian bunga. Perpaduan warna pastel dengan putih membuat mahar ini terlihat semakin manis.

3. Terarium

Menggunakan kotak kaca atau terarium membuat mahar terlihat cantik dan elegan. Selain bunga dan dekorasi lainnya, Anda bisa memasukkan cincin terarium.

4. Foto atau Gambar Tema

Mahar menggunakan foto calon pengantin juga sangat menarik untuk dicoba. Seperti siluet pengantin yang saling berhadapan. Agar lebih cantik, lengkapi dengan bingkai.

5. Bingkai memo

Membuat mahar menarik dengan scrapframe cukup mudah. Saat ini juga banyak penjual yang memasarkan secara online, Anda bisa menemukannya melalui Instagram, Facebook, atau marketplace. Kreativitas adalah kunci untuk membuat scrapframes lebih berwarna dan indah.

6. Profesi

Profesi yang dimiliki oleh calon pengantin juga bisa menjadi inspirasi dalam mendekorasi mahar pernikahan. Siapkan juga beberapa gambar unik terkait dengan tema profesi yang diinginkan. Anda juga bisa menggunakan foto kedua mempelai yang mengenakan seragam kerja. Bisa juga dengan logo instansi mitra. Contoh di atas adalah mahar bertema angkatan udara.

Memilih mahar pernikahan berkaitan dengan komitmen seumur hidup dengan pasangan.

Selain itu, mahar juga merupakan pemberian lengkap kepada mempelai wanita yang bermanfaat bagi dirinya seumur hidup.

Perjanjian Pasangan

Sebelum akad nikah, pihak pria biasanya akan meminta mahar yang akan diminta oleh calon istrinya. Harus ada kesepakatan antara laki-laki dan perempuan mengenai mahar yang akan ditentukan.

Sesuaikan Mahar dengan Kemampuan

Sebaiknya sesuaikan mahar sesuai dengan kemampuan calon mempelai pria, terutama kemampuan finansial agar pernikahan berjalan lancar.