Toyota Alphard Layak Dibeli atau Tidak?

Kelebihan:

* MPV premium
* Desain unik dan besar
* Laris di pasaran
* Interior mewah dan fitur lengkap
* Fitur safety lengkap
* Mesin bertenaga, ada mannequin hybrid

Kekurangan:

* Harganya mahal
* Bodi bongsor kurang gesit

Toyota Alphard Rajanya MPV Premium di Indonesia

Inilah Toyota Alphard. Mobil bertipe Multi Purpose Vehicle (MPV) premium yang banyak digemari di Indonesia. Tawarkan kemewahan dan kenyamanan dalam MPV bertampang Boxy yang memiliki performa bertenaga. Meski harganya hampir menyentuh Rp1M, namun Toyota Alphard terbukti laris dan merajai MPV premium di tanah air. Generasi Kehadiran dua flagship Toyota, Alphard yang disertai Vellfire berhasil menjadi prime chief MPVpremium yang hingga saat ini sulit dikejar. Sejak pertama kali meluncur di Indonesia pada 2008 lalu, Toyota Alphard banyak digemari oleh konsumen yang mendambakan MPV mewah sekaligus nyaman, dengan performa yang bisa diandalkan. Generasi terbarunya, New Alphard yang meluncur di awal 2018 ini juga semakin ciamik dengan tampilan eksterior dan inside baru. New Alphard memperlihatkan dirinya sebagai MPV mewah berkarakter formal yang terlihat lebih mewah dan memikat. Toyota Alphard 2018 ini merupakan edisi Facelift dari generasi ketiga Alphard yang telah hadir sejak 2015 lalu.

Toyota Alphard Kuasai Pasar MPV Premium

Toyota Alphard membuktikan dirinya sebagai MPV luxury terlaris di Indonesia. Hadir sebagai pemimpin pasar di segmen MPV premium, Toyota Alphard dan Vellfire yang dipasarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) ini mencatatkan pasar MPV premium sebesar ninety one.9%. Bahkan di tahun 2017 lalu, flagship Toyota ini memiliki angka penjualan sebanyak 4126 unit, naik 41.45% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Data terbaru Alphard mencatatkan penjualan wholesales sebesar 1757 unit atau naik 19% pada semester I 2018. Bahkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat impor Alphard sepanjang semester I/2018 mencapai 2095 unit. Dalam 10 tahun terakhir Toyota Alphard telah laku terjual lebih dari 15.000 unit.

Di kelas higher MPV ata MPV papan atas, Toyota Alphard bersaing dengan Mazda Biante yang terjual 336 unit di semester I/2018, juga Hyundai H1. Di segmen yang sama juga terdapat nama-nama seperti Nissan Elgrand, Nissan Serena, Honda Odyssey, dan Mitsubishi Delica.

Toyota Alphard merupakan MPV premium berukuran besar. MPV mewah ini diproduksi sejak 2002 lalu oleh Toyota Motor Corporation. Awalnya, Toyota Alphard dirilis untuk pasar domestik Jepang, serta dipasarkan di kawasan Asia lainnya termasuk Indonesia. Nah, generasi pertama Toyota Alphard ( ) dirilis untuk pasar Jepang, yakni Alphard G dan Alphard V. Keduanya merupakan varian yang berbeda, masing-masing menggunakan mesin 2400 cc 2AZ-FE four-silinder yang mampu memuntahkan tenaga a hundred and sixty PS dan torsi 195 Nm. Sedangkan satu lagi menggunakan mesin 3000 cc V6 1MZ-FE yang menghasilkan tenaga 220 PS dan torsi 310 Nm. MPV ini menggunakan pengegrak roda depan dan Full-time 4WD. Generasi pertama Toyota Alphard ini banyak didatangkan di Indonesia melalui importir umum.

Baru di tahun 2008, Toyota Alphard resmi mengaspal di Indonesia melalui PT Toyota Astra Motor (TAM). Ini merupakan generasi kedua Toyota Alphard ( ) yang menggunakan mesin 2400 cc 2AZ-FE yang menghasilan daya maksimun one hundred seventy PS dan torsi 235 Nm. Juga terdapat Toyota Alphard 3500 cc 2GR-FE yang melontarkan energi maksimun 280 PS dan torsi 330 Nm. Sedangkan generasi ketiga Toyota Alphard beredar sejak 2015 hingga saat ini. MPV mewah ini menggendong mesin 2500 cc 2AR-FE yang menghasilkan power maksimun 182 PS dan mesin 3500 cc 2GR-FE yang menghasilkan tenaga 280 PS.

Nah, Toyota juga memberikan edisi facelift atau penyegaran Toyota Alphard di awal tahun 2018 ini. Tersedia dengan pilihan warna menarik meliputi, Silver Metallic, Luxury White Pearl Crystal Shine, White Pearl MM, dan Black. Untuk model Hybrid hadir dalam warna White Pearl MM, Silver Metallic, dan Luxury White Pearl Crystal Shine. Melalui New Alphard, MPV luxury ini semakin maksimal kesempurnaan dan kenyamanannya. Demikian juga dengan fitur keselamatannya. Toyota Alphard anyar ini tampilannya semakin mewah. Totota Alphard saat ini dipasarkan di Indonesia dalam four varian, yakni:

* Toyota Alphard 2.5 G A/T dengan sistem transmisi CVT
* Toyota Alphard 2.5 X A/T dengan sistem transmisi CVT
* Toyota Alphard 3.5 Q A/T dengan sistem transmisi 6-percepatan otomatis
* Toyota Alphard 2.5 GA/T Hybrid dengan sistem transmisi CVT

Kompetitor Toyota Alphard
Toyota Alphard merupakan mobil yang dipasarkan pada segmen MPV luxury / mewah. Salah satu kompetitor langsung Toyota Alphard pada segmen ini adalah Nissan Elgrand. Saat ini Nissan Elgrand hanya memasarkan satu jenis varian yakni Elgrand 2.5L Autech dengan harga on the highway Rp. 1,02 milyar.

Tidak ada perbedaan yang signifikan dari sisi teknikal untuk kedua model ini, Alphard dan Elgrand sama-sama memiliki mesin berkapasitas 2,4 liter. Hanya saja Toyota Alphard mampu menghasilkan 178 tenaga kuda pada putaran tori 234 Nm, sedangkan Nissan Elgrand hanya mampu menghasilkan 168 tenaga kuda. Dari dimensi mobil juga tidak banyak perbedaan yang signifikan, secara kesuluruhan Toyota Alphard memiliki perbedaan 80 mm lebih tinggi dibandingkan dengan Elgrand, ground clearance Alphard juga 20 mm lebih tinggi dibandingkan MPV mewah miliki Nissan.

Ada beberapa fitur yang tidak dimiiliki Nissan Elgrand seperti engine immobilizer, engine begin/stop button, energy outlet, climate management otomatis, air high quality management, rear studying lamp, glove field cooling, cruise control, computerized headlamps, dan juga on board pc. Sehingga bila dibandingkan secara langsung Toyota Alphard memiliki fitur yang lebih banyak daripada Nissan Elgrand.

Untuk varian dan harga, Nissan Elgrand hanya hadir dengan satu varian yakni 2.5L Autech dengan harga OTR Rp. 1,02 milyar. Sedangkan Toyota Alphard menghadirkan tiga varian berbeda seperti, Alphard 2.5 X A/T seharga Rp. 995.5 juta rupiah, 2.5 G A/T sebesar Rp. 1,15 Milyar, Alphard 3.5 Q A/T dengan harga sebesar Rp. 1,eighty five milyar rupiah.

Exterior Toyota Alphard
Penyegaran diberikan untuk Toyota Alphard favelift melalui desain aerokit depan baru. Di bagian depan ini terlihat di headlamp atau lampu depan, hood moulding, bumper, grille dan foglamp bezel. Juga di bagian belakang mendapatkan desain aerokit baru berupa perubahan pada rear lamp atau lamp belakang dan door garnish yang semakin memperlihatkan Toyota Alphard sebagai mobil berkelas. Mobil ini juga memiliki desain alloy wheel baru dengan ukuran 18 inci yang terlihat mewah. Bagian pintu bagasi belakang juga memiliki fitut Power Back Door atau bisa dibuka secara otomatis. Sedangkan Toyota Alphard Hybrid dibesut dengan emblem baru dan velg alloy 17 inci.

Interior Toyota Alphard
Bagian interior Toyota Alphard tidak luput dari penyegaran. Desain odometer semakin terlihat mewah dan canggih, dengan kursi nyaman dan kuat dengan desaon captain seat. Agar penumpang semakin nyaman, sandaran kursi memiliki fitur lumbar assist atau penyokong tulang punggung yang semakin baik. Kabin Toyota Alphard juga menggunakan ornamen kayu yang kokoh dan mewah. Adapun Toyota Alphard 2.5 G, 2.5 X, dan Hybrid memiliki warna metallic brown wood pada kabinnya. Namun Toyota New Alphard 3.5 Q dibesut dengan dominasi warna hitam, berpadu dengan aksen brown olive ash brul woodgrain.

Fitur Kemanaan dan Kenyamanan Toyota Alphard
Fitur hiburan MPV premium ini juga cukup baik. Toyoya Alphard three.5 Q dilengkapi dengan JBL Audio Head Unit, sistem hiburan mewah yang meliputi layar contact screen, DVD Player dan Toyota Navigation. Alphard bermesin 3500 cc ini juga memiliki fitur Dual Climate A/C Control with Captain touch.

Toyota Alphard Hybrid dibesut dengan Multi Information Display lengkap, fitur Driver Control with EV Mode & Electric Parking Brake untuk. Dengan mode berkendara eco-friendly dengan support baterai hybrid untuk mengemudikan kendaraan hanya menggunakan dengan mesin elektrik. MPV premium ini juga dibekali dengan roda kemudi bertipe 4 spokes picket dengan dosplay button untuk memudahkan pengemudi mengendalikan semua informasi kendaraan.

Toyota juga membenamkan fitur Blind Spot Monitor untuk tipe New Alphard 2.5 G, 3.5 Q, dan Hybrid. Juga auto idling untuk New Aplrad 3.5 Q baru. Fitur ini menghadirkan kenyamanan saat mengemudi, menginat bodi MPV ini cukup bongsor sehingga memiliki titik buta atau blind spot yang tidak terlihat dari bangku pengemudi. Model 2018 ini juga diebsut dengan fitur Digital Rear View Mirror untuk melengkapi kamera parkir mundur, berada di kaca spion tengah.

Mesin Toyota Alphard
Berbicara mesinnya, Toyota Alphard generasi facelift ini masih menggunakan mesin yang sama dengan model sebelumnya. Toyota Alphard 2.5 G dan 2.5 X masih menggunakan mesin berkapasitas 2494 cc, 2AR-FE, four-silinder inline, sixteen katup, DOHC, Dual VVT-i yang menghasilkan daya maksimun sebesar a hundred and eighty PS pada 6,000 rpm dan torsi maksimun 23.9 kgm pada four,100 Nm. Sedangkan Toyota Alphard three.5 Q dibesut dengan mesin 3,456 cc, 2GR-FE, V6 silinder, 24 katup, DOHC, Chain Drive dengan Dual VVT-i dengan energi maksimun 275 PS pada 6,000 rpm dan torsi puncak 34.7 kgm pada four,seven-hundred rpm.

Adapun model Toyota Alphard 2.5 G A/Y Hybrid dibesut dengan mesin berkapasitas 2494 cc, 2AR-FXE, V tipe four-slinder inline, 16 katup, DOHC, Chain Drive with VVT-i yang mampu menyemburkan energy maksimum 152 PS pada 5,seven-hundred rpm dan torsi puncak 21 kgm pada four,400-four,800 rpm.

Tidak hanya performanya yang mantap, Toyota Alphard juga dibesut dengan fitur security lengkap mulai fitur Vehicle Stability Control, 7 Airbag (tipe three.5 Q), Seat Sub-Assy untuk anak, Isofix, Toyota Mini, Clerance & Back Sonar, dan struktur bodi yang mampu meredam benturan dan menghindari pejalan kaki terluka. Selain itu, Toyota Alphard juga memiliki ruang bagasi luas, elegan wi-fi key, foladavle center table, dan step illumination untuk lebih nyaman melangkah masuk mobil.