Berikut Daftar Makanan Olahan Nikmat dari Lobak Putih

 

Lobak mempunyai beragam jenis yang bisa dipilih sesuai dengan warna dan olahannya. Jenis lobak yang paling umum digunakan adalah lobak putih yang seperti namanya mempunyai warna putih dan bisa ditemkan di banyak olahan. Bagi Anda yang masih bingung untuk mengolah lobak , tidak perlu khawatir karena lobak putih bisa dimanfaatkan untuk berbagai olahan seperti berikut ini.

Soto Bandung

Lobak putih merupakan bahan yang tidak sering ditemukan untuk makanan yang ada di Indonesia. Jenis sayur ini biasanya digunakan untuk masakan yang berasal dari Asia Timur seperti makanan Korea, China, dan juga Jepang. Akan tetapi sebenarnya lobak juga bisa diolah untuk berbagai makanan seperti salah satunya adalah soto Bandung. Soto merupakan makanan khas Indonesia yang mempunyai citarasa gurih dan segar karena berkuah. Soto Bandung menggunakan lobak putih untuk dapat membuat rasanya lebih enak. Resep soto Bandung, yaitu:

  • Potong dan bersihkan lobak. Selanjutnya berikan garam, diamkan sebentar dan rebus lobak hingga matang dan tiriskan.
  • Campurkan lobak putih tersebut dengan bahan soto lainnya seperti bawang merah, bawang putih, merica, tomat, daun bawang, garam, dan kaldu bubuk. Semua bahan tersebut di tumis hingga harum.
  • Rebus daging hingga empuk dan masukkan ke dalam bumbu tumis. Masukkan garam, kecap, daun bawang, penyedap rasa, dan tomat.
  • Tunggu hingga matang dan sajikan soto dengan nasi hangat dan bawang goreng.

Kue Lobak

Makanan kedua yang bisa diolah dari bahan lobak putih adalah kue lobak. Kue ini merupakan makanan khas dari China dan mempunyai tekstur gurih, garing, dan juga kenyal ketika dimakan. Cara membuat kue lobak ini adalah:

  • Bersihkan lobak dan parut kasar. Rebus bahan ini hingga berubah warna dan tiriskan dalam satu wadah yang dipisahkan.
  • Selanjutnya tuang tepung beras, maizena, lada, kaldu bubuk, garam, dan gula dalam satu wadah yang berisi lobak. Aduk bumbu tersebut hingga merata dan tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak.
  • Kukus hingga matang dan potong sesuai ukuran selera.
  • Goreng dengan sedikit minyak dan tunggu hingga matang untuk siap dinikmati.

Lumpia Lobak

Jenis kuliner selanjutnya yang bisa menggunakan lobak putih adalah lumpia. Bagi yang tidak suka dengan rebung bisa untuk menggantinya dengan lobak putih. Bahan ini juga akan menghasilkan lumpia yang empuk, renyah, dan tidak mempunyai bau yang mengganggu seperti ketika menggunakan rebung. Adapun resep mudah membuat lumpia lobak bisa mengikuti langkah seperti berikut ini:

  • Iris lobak memanjang yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian rebus lobak tersebut sebentar dan sisihkan.
  • Panaskan minyak dan tumis bawang putih serta ebi hingga wangi.
  • Masukkan udang dan aduk kembali hingga rata.
  • Tambahkan telur orak-arik, garam, merica, gula, lobak, dan daun bawang. Aduk hingga rata dan tuang air hingga mendidih. Angkat dan dinginkan.
  • Ambil kulit lumpia dan berikan isian tersebut, rekatkan dan larutkan ke 2 sdm terigu, baru goreng kembali hingga matang.

Tiga resep di atas bisa diikuti untuk mengolah lobak putih yang Anda punyai. Selain itu juga masih banyak resep lainnya seperti tumis lobak dan sayur sederhana, campuran ramen, hingga kimchi. Mendapatkan lobak untuk olahan di atas, Anda cukup memesannya secara online lewat smartphone dari TaniHub. Membeli lobak putih di TaniHub bisa mendapatkan lobak yang segar, harga terjangkau, dan mendukung pertanian lokal.